Cabang Ilmu Dalam Teknik Sipil Yang Perlu Dipelajari

Ilmu Teknik Sipil merupakan ilmu yang mempelajari mengenai teknik bagaimana merancang, merehab, maupun membangun gedung, jalanan, irigasi, dan berbagai proyek yang menangani infrastruktur. Cabang ilmu dalam teknik sipil juga mempelajari ilmu lingkungan dan ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan bagi orang banyak. 

Sebenarnya untuk mengetahui sejak kapan ilmu teknik sipil ini dipelajari sangat sulit. Pasalnya, sudah banyak diketahui jika peninggalan kuno diperkirakan telah berusia ribuan tahun. Hal ini menunjukkan jika pengembangan teknik sipil telah berkembang sejak lama. 

Cabang Ilmu Dalam Teknik Sipil

Cabang Ilmu Dalam Teknik Sipil 

Berdasarkan dari sejarah di pertengahan abad sejarah kuno, desain konstruksi serta arsitek telah dilakukan oleh seniman, baik itu tukang kayu ataupun tukang batu. Dalam pembelajaran teknik sipil ini, menggunakan pendekatan ilmu fisika dan matematika. Hal ini dikenal dengan prinsip Archimedes. 

Diketahui juga, ada seorang ahli matematika dari India yang menggunakan aritmatika pada abad ke-7 untuk bisa melakukan penggalian volume perhitungan oleh Brahmagupta. Berikut cabang-cabang pembelajaran ilmu teknik sipil yang bisa anda ketahui. 

1. Struktur Bangunan 

Untuk bisa membangun high-rise building, rumah, bandara, dermaga, stadion, dan berbagai bangunan lain, mahasiswa harus mempelajari mengenai mekanika struktur, struktur beton, struktur baja, maupun struktur kayu dengan lengkap untuk mengetahui dinamikanya. 

Cabang ilmu dalam teknik sipil disini akan dipelajari mengenai respon dari material bangunan pada beban yang akan diterimanya. Hal ini membuat bangunan akan berdiri dengan kokoh dan kuat. Dimana dengan resiko minimal kerusakan saat terjadi bencana atau gempa. 

Dipelajari juga ilmu teknik sipil perencanaan profil serta struktur permodelan dari suatu bangunan dan berbagai infrastruktur publik. Mulai dari pembangunan pembuatan pondasi sampai bangunan berdiri tegak dan siap untuk digunakan. 

2. Geoteknik 

Pada geoteknik akan mempelajari mengenai ilmu struktur dan sifat dari tanah serta batuan yang berguna untuk menopang suatu bangunan yang dibangun diatasnya. Untuk itu, perlu dipelajari mengenai ilmu di dalam permukaan tanah. Seperti dinding penahan tanah, mekanika tanah, pondasi, serta semua yang berhubungan dengan tanah. 

Jika untuk mendalami lebih jauh lagi tentang ilmu teknik sipil geoteknik, maka anda akan terjun langsung ke lapangan guna menyelidiki keadaan dari tanah, meneliti tanah di laboratorium, sampai perencanaan konstruksi galian terowongan pada batuan atau tanah yang lunak. 

Dengan kata lain, anda akan mengamati sifat dari tanah dan menentukan apakah suatu bangunan akan dibangun diatas tanah yang baik dan sesuai atau tidak. Cabang ilmu dalam teknik sipil merupakan ilmu yang pokok untuk mendirikan suatu bangunan. 

3. Manajemen Konstruksi 

Pada cabang ilmu ini bisa menentukan apakah suatu bangunan akan selesai dibangun tepat waktu atau tidak. Di dalam manajemen konstruksi perlu dipelajari mengenai penjadwalan serta perencanaan untuk menentukan anggaran yang dikeluarkan untuk membangun bangunan. 

Dari cabang ini akan muncul manajer proyek suatu bangunan untuk mengetahui tentang perizinan, organisasi pekerja lapangan, serta untuk monitoring proyek konstruksi. Bahkan untuk bisa membuat dokumen secara hukum dalam pelelangan bangunan. 

4. Hidrologi 

Untuk cabang ilmu dalam teknik sipil ini sering dikenal dengan cabang hidrolika atau rekayasa pengairan. Secara umum, ilmu ini akan mempelajari terkait dengan air, curah hujan, cuaca, banjir, dan debit air sungai. Ilmu ini secara khusus membahas sifat air dan tekanan material dari air, misal daya dorong dan sebagainya. 

Wujud dari aplikasi hidrologi dalam ilmu sipil adalah pembuatan breakwater, drainase, bendungan, kanal, irigasi, pelabuhan, dan waduk. Lebih jelasnya, hidrologi mempelajari tentang air, pengendalian air, distribusi air, dan memperkirakan jika terjadi masalah yang timbul dengan air. 

5. Ilmu Lingkungan 

Cabang ilmu dalam teknik sipil yang satu ini mempelajari tentang isu lingkungan, misalnya pada teknik kesehatan, polusi udara, polusi suara, pengolahan limbah, dan pencemaran sungai. Bahkan untuk mengetahui sarana dan prasarana air bersih yang bisa digunakan dalam suatu proyek bangunan. 

6. Transportasi 

Cabang yang satu ini untuk mengetahui sistem transportasi dari permodelan transportasi, konstruksi suatu bandara, jalan rel, konstruksi jalan raya, dan geometri jalan raya. Ilmu ini juga untuk merekayasa suatu lalu lintas yang akan dilakukan pembangunan. Disini anda akan menerapkan ilmu transportasi di dalam kehidupan nyata manusia. 

7. Informatika pada Bidang Teknik Sipil 

Ilmu ini merupakan yang terbaru di dalam ilmu teknik sipil. Ilmu yang mempelajari mengenai penerapan teknologi komputer yang akan digunakan pada perhitungan dan permodelan dari suatu pekerjaan konstruksi, bisa juga untuk penelitian suatu bangunan. 

Adanya ilmu ini, diharapkan mampu menangani permodelan struktur suatu bangunan, permodelan lingkungan yang telah menggunakan teknologi GIS (Geographic Information System), serta pergerakan pada air tanah ataupun limbah yang dihasilkan. 

Banyak cabang ilmu dalam teknik sipil yang bisa anda pilih untuk dipelajari lebih dalam saat anda kuliah nanti.
Review Cabang Ilmu Dalam Teknik Sipil Yang Perlu Dipelajari Cabang Ilmu Dalam Teknik Sipil Yang Perlu Dipelajari Reviewed by on Saturday, May 23, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.