Latar Belakang Kedatangan Jepang dan Proses Pendudukan Jepang di Indonesia

Indonesia pernah dijajah oleh dua bangsa, yakni Belanda dan Jepang. Jepang menjajah Indonesia dengan periode yang cukup singkat. Kependudukan singkat Jepang di Indonesia menjadi periode yang penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Kependudukan Jepang di Indonesia juga termasuk dalam kurikulum materi Sejarah SMA untuk jenjang kelas 11. Yuk simak latar belakang dan Proses pendudukan Jepang di Indonesia disini.

Penjajahan Jepang

Latar Belakang Pendudukan Jepang di Indonesia

Diawali dengan Perang Dunia II (World War II) yang terjadi di dua benua, di Eropa Nazi Jerman yang melawan sekutu dan di Asia Jepang yang melawan sekutu. Hal ini disebabkan karena baik bangsa Jerman maupun Jepang menganut paham fasisme yang ingin menguasai negara negara di Dunia. Perang dunia II yang terjadi di Asia dikenal dengan Perang Asia Timur Raya atau Perang Pasifik.

Perang Asia Timur Raya dimulai pada saat dengan mendadak Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawai pada tanggal 7 Desember 1941. Disebutkan bahwa pasukan tentara Jepang yang dipimpin oleh Laksamana Yamamoto bergerak menuju selatan, termasuk ke Indonesia. Setelah penyerangan Pearl Harbor, seorang Gubernur Jenderal Hindia Belanda mengumumkan perang dengan Jepang.

Masuknya Tentara Jepang di Indonesia

Sejarah tentang pendudukan Jepang di Indonesia dimulai pada saat pendaratan tentara Jepang pada tanggal 10 Januari 1942 di Tarakan, Kalimantan Timur. Selang beberapa minggu tepatnya tanggal 1 Maret 1942, tentara yang dipimpin Jenderal Imamura berhasil mendarat di tiga tempat di pulau Jawa yakni Teluk Banten, Kragan Jawa Timur, dan Eretan Jawa Barat. Tanggal 5 Maret 1942, kota Batavia sebagai pusat pemerintahan pulau Jawa jatuh ke tangan Jepang.

8 Maret 1942 merupakan hari dimana Belanda menyerah secara resmi kepada Jepang. Penyerahan kekuasaan yang dilakukan sekutu kepada Jepang terjadi di Kalijati, Subang, Jawa Barat. Dari pihak Belanda ada Jenderal Tjardaan Starkenborgh dan jenderal Ter pooten, sedangkan pihak Jepang diwakili oleh Jenderal Imamura. Setelah upacara penyerahan tersebut, secara resmi Indonesia di bawah kekuasaan bangsa Jepang.

Pendudukan Jepang di Indonesia

Penjajahan Jepang di Indonesia menambah mimpi buruk rakyat Indonesia pada saat itu. Dimulai saat Jepang membuat pemerintahan militer yang diberi nama Gunseibu dengan tugas memulihkan ketertiban dan keamanan. Masa itu, Jepang tengah mengalami kekurangan staff kepegawaian, sehingga mengangkat pribumi sebagai staff. Bahkan pemerintah jepang juga mencari dukungan dari tokoh dan masyarakat Indonesia.

Bisa dikatakan bahwa politik imperialisme Jepang di Indonesia tidak hanya berorientasi pada eksploitasi sumber daya alam saja, tetapi sumber daya manusia juga. Disebutkan bahwa Jepang melakukan eksploitasi hingga masyarakat pedesaan. Jepang juga memiliki maksud untuk “Jepangkan Indonesia” dengan hanya memperbolehkan bendera Kokki yang dipasang setiap hari dan hanya lagu Kimigayo sebagai lagu kebangsaan yang boleh diperdengarkan.

Jepang juga membentuk semboyan semangat tiga A, yaitu Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Pemimpin Asia. Peristiwa ini begitu merugikan bangsa Indonesia saat itu, pasalnya sumber kekayaan alam Indonesia dan juga tenaga masyarakat Indonesia mulai dikuras oleh Jepang. Dimana untuk memenuhi keinginan tersebut, Jepang melakukan berbagai cara mulai dari perjanjian hingga cara kekerasan.

Pemerasan tenaga kerja Indonesia di masa pendudukan Jepang berupa kerja paksa (romusha). peristiwa pengarahan dan pemerasan yang masuk ke dalam Materi Sejarah SMA ini dilakukan untuk mempertahankan wilayah Jepang di Indonesia yang sangat luas. Para pekerja romusha memiliki tugas menggali lubang lubang pertahanan, membangun kubu kubu pertahanan, membangun lapangan kerja, dan tugas lainnya. Bahkan adanya romusha ini banyak masyarakat yang kelaparan hingga meninggal.

Penderitaan Akibat Jepang

Alasan Pendudukan Jepang di Indonesia

Kedatangan Jepang mengusir Belanda dari wilayah Indonesia bukan untuk membebaskan rakyat Indonesia, melainkan ada maksud tertentu. Beberapa alasan tersebut karena Indonesia kaya akan hasil tambang sehingga bisa menjadi pemasok keperluan perang, Indonesia memiliki bahan mentah yang bisa memenuhi kebutuhan industri dalam negeri Jepang, dan juga Indonesia memiliki sumber daya manusia yang banyak sehingga bisa mendukung usaha Jepang.

Selain itu juga disebutkan jika alasan Jepang menduduki Indonesia adalah untuk mewujudkan Hakko Ichi-u, sebuah pembentukan imperium yang meliputi bagian besar dunia yang dipimpin oleh Jepang. Jepang juga menduduki Indonesia untuk kepentingan migrasi, hal in dikarenakan wilayah Jepang yang sempit dengan jumlah penduduk yang banyak sehingga butuh tempat yang luas untuk pemerataan penduduknya.

Usaha Jepang Mempertahankan Kekuasaannya di Indonesia

Pada saat Perang Pasifik terus berlangsung, kekuatan Jepang semakin melemah. Sehingga sangat memerlukan bantuan dari rakyat Indonesia guna menahan ofensif Amerika yang semakin dahsyat. Oleh karena itu, Jepang mulai mengangkat orang orang Indonesia untuk memiliki kedudukan tinggi dalam sistem pemerintahan saat itu. Pemerintah Jepang juga mulai memikirkan pergerakan pemuda Indonesia untuk membantu pertahanan.

Peristiwa pendudukan Jepang di Indonesia yang masuk dalam materi Sejarah SMA, dijelaskan pada tanggal 29 April 1943 dibentuklah Organisasi para Militer bernama Keibodan (Barisan Bantu Polisi) dan Seinendan (Barisan Pemuda). Selanjutnya pemerintah Jepang juga mengerahkan Heiho (pembantu prajurit), masyarakat yang awalnya adalah para tenaga kasar kemudian dikerahkan untuk melakukan tugas bersenjata. Kemudian 1 Maret 1944 dibentuk Djawa Hokakai.

Itulah latar belakang dan bagaimana proses pendudukan bangsa Jepang di Indonesia. Meskipun tidak berlangsung lama, namun pendudukan Jepang yang dilakukan sangat tidak manusiawi dan merugikan masyarakat Indonesia. Saat perang semakin meningkat, pemerasan tenaga kerja yang pada awalnya bersifat sukarelawan akhirnya menjadi sebuah kewajiban. Banyaknya petani yang kerja paksa, membuat ekonomi rakyat menjadi semakin parah.


Review Latar Belakang Kedatangan Jepang dan Proses Pendudukan Jepang di Indonesia Latar Belakang Kedatangan Jepang dan Proses Pendudukan Jepang di Indonesia Reviewed by on Tuesday, May 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.