Pengertian Atmosfer dan Karakteristik Lapisan Atmosfer Bumi

Buat kamu yang gemar dengan pelajaran Geografi, pasti akan sangat tertarik dengan materi ini. Kali ini dalam materi Geografi SMA akan membahas mengenai karakteristik lapisan atmosfer yang dimiliki bumi. Apakah kamu tahu aurora? Aurora merupakan suatu gejala alam berupa cahaya yang menari nari dengan indah di langit dalam berbagai warna. Lantas tahukah kamu di lapisan atmosfer mana aurora terjadi? Yuk simak ulasan mengenai karakteristik atmosfer bumi tersebut disini.

Aurora Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet hingga jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, hingga sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi. Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, namun sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya.

Karakteristik Lapisan Atmosfer Bumi

1. Lapisan Troposfer

Lapisan yang pertama dan yang paling dekat dengan bumi yakni ada lapisan troposfer, dimana lapisan ini berhubungan langsung dengan permukaan bumi dan menjadi tempat terjadinya berbagai peristiwa atau gejala cuaca seperti angin, hujan, dan badai. Lapisan ini terletak delapan hingga empat belas kilometer dari permukaan bumi. Troposfer, berasal dari kata tropos yang diambil dari bahasa Yunani kuno yang memiliki arti berubah.

Dalam materi Geografi SMA, lapisan paling bawah ini diberi nama tropos karena aktivitas yang ada di troposfer yang terus berubah. Seperti adanya cuaca yang berubah ubah, angin, udara yang dihirup manusia semuanya ada di troposfer. Bahkan tiga perempat massa yang ada si atmosfer ada di troposfer. Pernahkah kamu membaca semakin ke atas, maka udara semakin dingin?

Hal tersebut karena di troposfer berlaku hukum gradient thermometric, yang artinya setiap ketinggian naik 100 meter dari permukaan bumi maka suhunya akan menurun sekitar 0,6 derajat celcius. Di atmosfer, lapisan paling atas dari troposfer disebut dengan tropopause. Dimana lapisan tersebut membatasi troposfer dengan lapisan yang ada di atasnya.

2. Lapisan Stratosfer

Lapisan kedua di atas troposfer terdapat stratosfer. Saat kamu belajar materi Geografi SMA, maka akan tahu jika lapisan stratosfer bertugas untuk melindungi makhluk hidup dari sinar ultraviolet, sebab lapisan tersebut merupakan tempat lapisan O3 (Ozon) yang bisa menyerap sinar ultraviolet. Lapisan satu ini memiliki tinggi sekitar 12 hingga 80 kilometer dan suhunya bisa mencapai sekitar 55 derajat celcius yang dikarenakan adanya kenaikan panas yang cukup drastis.

3. Lapisan Mesosfer

Lapisan ini memiliki nama meso atau tengah karena memang posisinya yang berada ditengah. Tebal dari lapisan mesosfer sekitar 35 kilometer atau terletak di ketinggian 50 hingga 85 kilometer. Perlu diketahui, udara yang ada di lapisan ini sangat tipis sehingga makhluk hidup tidak ada yang bisa bernapas jika sampai di mesosfer. Meskipun oksigen di lapisan ini tipis, namun ada lebih banyak gas lainnya.

Dalam materi Geografi SMA dijelaskan bahwa lapisan mesosfer memiliki tugas untuk menghancurkan meteor, sehingga bumi akan terlindungi dari ancaman benda angkasa yang sewaktu waktu bisa saja jatuh. Mungkin kamu perlu tahu, bahwa suhu yang dapat dicapai oleh lapisan mesosfer bisa mencapai -83 derajat celcius. Hal ini dikarenakan dalam lapisan ini juga berlaku hukum gradient thermometric.

4. Lapisan Thermosfer

Lapisan ini terletak pada ketinggian 80 hingga 100 kilometer dari permukaan bumi. Nama thermosfer diambil dari kata thermo yang memiliki arti panas, yang mana persis menggambarkan temperatur pada lapisan ini. Dimana pada lapisan ini suhunya bisa mencapai hingga 1.500 derajat celcius, namun saat manusia sampai di lapisan ini akan terasa dingin karena tidak adanya molekul gas untuk menghantarkan panas ke tubuh.

Lapisan thermosfer merupakan lapisan yang paling tebal, yakni bisa mencapai hingga 513 kilometer. Dalam materi Geografi SMA ini juga dijelaskan bahwa di lapisan thermosfer terdapat Stasiun Luas Angkasa Internasional yang mengelilingi bumi, di lapisan thermosfer juga tempat satelit milik berbagai perusahaan dan negara diletakkan.

Lapisan thermosfer juga biasanya disebut sebagai lapisan ionosfer, sebab di lapisan ini terjadi proses ionisasi dimana ion positif dan eletron bebas yang bermuatan negatif terbentuk. Hingga kemudian proses ionisasi yang terjadi menyebabkan pengurangan dan penambahan jumlah elektron sehingga menghasilkan cahaya yang berwarna warni di angkasa. Dan cahaya tersebutlah yang sering disebut dengan aurora.

Di bumi, umumnya cahaya aurora hanya bisa dilihat di tempat yang memiliki medan magnet yang kuat seperti kutub utara dan kutub selatan. Dalam materi Geografi SMA dijelaskan semakin kuat kutub magnet tersebut, maka cahaya aurora akan terlihat semakin jelas. Selain tempat terbentuknya cahaya aurora, partikel ion yang terbentuk oleh adanya radiasi matahari berfungsi sebagai pemantul gelombang cahaya dan suara dari bumi dalam bentuk gelombang radio.

5. Lapisan Eksosfer

Saatnya membahas tentang lapisan terluar dari atmosfer bumi, yakni lapisan eksosfer. Lapisan ini berada di ketinggian 400 hingga 1.000 kilometer dari permukaan bumi. Kamu perlu tahu bahwa gaya gravitasi di lapisan eksosfer sangat kecil. Karena lapisan ini merupakan lapisan terluar yang bersinggungan langsung dengan angkasa luar, maka lapisan ini juga bisa disebut sebagai geostasioner atau ruang antar planet.

Dijelaskan dalam materi Geografi SMA bahwa pada lapisan eksosfer hanya menyimpan gas seperti helium dan hidrogen, akan tetapi gas gas tersebut berceceran dengan jarak yang lebar. Di eksosfer tidak ada udara yang bisa dihirup dan di lapisan ini memiliki suhu yang dingin. Lapisan terluar ini memiliki tekanan yang paling rendah karena letaknya yang paling jauh dari permukaan bumi.

Atmosfer

Setelah baca ini, kamu akan tahu ternyata lapisan permukaan bumi tidak hanya atmosfer saja tetapi atmosfer yang dibagi dalam 6 lapisan yang berbeda. Dimana masing masing lapisan memiliki karakteristik dan fungsinya sendiri untuk bumi. Pernah membayangkan jika tidak ada atmosfer? Jika saja atmosfer tidak ikut berotasi, maka angin di atas bumi akan bergerak dengan sangat kencang berkisar 1.667 kilometer per jam.


Review Pengertian Atmosfer dan Karakteristik Lapisan Atmosfer Bumi Pengertian Atmosfer dan Karakteristik Lapisan Atmosfer Bumi Reviewed by on Sunday, May 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.