Pengertian dan Macam-macam Majas Lengkap Beserta Contohnya

Jika membahas materi Bahasa SMA, pasti juga akan membahas tentang majas. Majas merupakan gaya bahasa yang umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan yang berupa kiasan. Majas digunakan untuk memberikan efek emosional tertentu dari suatu gaya bahasa. Dalam bahasa Indonesia terdapat berbagai jenis majas yang digunakan, salah satunya kelompok majas perumpamaan. Berikut macam macam majas perumpamaan yang disertai dengan contoh.

Menulis Majas Freepik

Macam Macam Majas Perumpamaan dan Contohnya

1. Majas Personifikasi

Majas satu ini termasuk ke dalam majas perbandingan, dimana kelompok ini menggunakan gaya bahasa sebagai ungkapan dengan cara membandingkan suatu objek dengan objek lainnya. Majas personifikasi sendiri menggunakan gaya bahasa yang ungkapannya seakan akan menggantikan fungsi benda mati yang dapat bersikap seperti manusia. Intinya majas personifikasi membandingkan benda mati dan manusia.

Dalam materi Bahasa SMA, contoh dari majas jenis ini misal kuas itu menari nari di atas kanvas menghasilkan lukisan yang begitu indah. Hal ini menjelaskan bahwa kuas merupakan benda mati yang sudah pasti tidak bisa menari, namun kemudian kuas digambarkan sebagai benda mati yang bisa menari selayaknya manusia. Contoh lain dari majas ini, lautan biru itu seolah menatapku di dalam keheningan.

2. Majas Metafora

Majas ini menggunakan sebuah objek yang bersifat sama dengan pesan yang ingin disampaikan melalui suatu ungkapan. Contohnya, raja hutan itu memiliki suara yang meggelegar. Raja hutan disini yang dimaksud adalah singa, dan memang singa merupakan raja hutan. Contoh lainnya, sang Raja siang memang selalu membawa kehangatan. Kata Raja siang digunakan sebagai ungkapan untuk matahari sebagai penguasa siang.

3. Majas Asosiasi

Majas asosiasi juga dibahas dalam materi Bahasa SMA, majas asosiasi menggunakan ungkapan dengan membandingkan dua objek yang berbeda tetapi dianggap sama. majas ini diungkapkan dengan pemberian kata sambung bak, bagaikan, atau seperti. Contoh dari majas ini, meskipun bukan saudara kembar, tapi kakak beradik itu bak pinang dibelah dua. Bak pinang dibelah dua dalam ungkapan tersebut menunjukkan kakak beradik itu memiliki wajah yang sangat mirip.

4. Majas Hiperbola

Majas hiperbola digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan kesan yang berlebihan, bahkan bisa untuk membandingkan sesuatu dengan cara yang tidak masuk akal. Contoh dari majas hiperbola, kakek itu sudah terbiasa memeras keringat untuk menafkahi keluarga. Memeras keringat disini menunjukkan kesan berlebihan dari bekerja keras. Majas satu ini menjadi majas yang juga sering dibahas dalam materi Bahasa SMA.

5. Majas Eufemisme

Majas satu ini digunakan untuk menggantikan kata kata yang dianggap kurang baik atau kurang etis, dengan menggunakan padanan kata yang lebih halus dan memiliki makna yang sepadan. Penggunaan majas eufemisme contohnya, dia mengalami gangguan jiwa karena kehilangan pekerjaan sekaligus keluarganya. Kata gangguan jiwa digunakan untuk menggantikan frasa yang kurang baik dari orang gila.

6. Majas Metonimia

Majas metonemia menggunakan gaya bahasa dengan menyandingkan merek atau istilah tertentu yang telah populer untuk merujuk benda yang sebenarnya lebih umum. Contoh dari majas ini, tolong ambilkan Aqua dingin, aku sangat haus. Dalam kalimat tersebut kata Aqua merujuk pada air mineral kemasan, karena Aqua merupakan merek dagang dari air mineral.

7. Majas Simile

Majas satu ini bisa dikatakan hampir menyerupai majas asosiasi, dimana menggunakan kata hubung bak, bagaikan, atau seperti. Namun pada majas simile yang termasuk dalam materi Bahasa SMA, tidak membandingkan dua objek yang berbeda melainkan membandingkan kegiatan dengan menggunakan ungkapan yang memiliki makna serupa dan disampaikan lebih lugas dan eksplisit. Sehingga pembaca bisa langsung menebak arti dari perumpamaan yang digunakan.

Setelah kehilangan kakaknya, Jeno bagaikan anak ayam yang kehilangan sang induk terlihat selalu kebingungan. Bagaikan anak ayam yang kehilangan induknya digunakan untuk menunjukkan adanya kegiatan yang selalu dalam kebingungan tanpa tujuan dan arah. Contoh lainnya, Mark selalu patuh pada ketua geng seperti kerbau yang ditusuk hidungnya. Kerbau yang ditusuk hidungnya menunjukkan tindakan yang selalu patuh dan penurut.
Majas Freepik
8. Majas Alegori

Majas alegori menggunakan gaya bahasa yang menyandingkan suatu objek dengan kata kata kiasan bermakna konotasi atau ungkapan. Contoh dari majas yang juga dibahas dalam materi Bahasa SMA ini misal Arin sedang mencari pelabuhan cintanya, dan kepada Bobbylah ia berlabuh. Kata berlabuh dalam kalimat tersebut dimaksudkan sebagai seseorang yang menerima cinta dari Arin.

9. Majas Sinekdok

Majas sinekdok menunjukkan sebuah perwakilan dalam mengungkapkan sesuatu. Majas ini terdiri dari sinekdok pars pro toto dan sinekdok totep pro parte. Sinekdok part pro toto merupakan gaya bahasa yang digunakan untuk menyebutkan sebagian unsur guna mewakili keseluruhan benda. Contoh dari majas ini, selama lima hari ini Johnny belum juga menunjukkan batang hidungnya. Batang hidung hanya sebagian dari Johnny, padahal yang di maksud adalah Johnny secara keseluruhan.

Sedangkan majas sinekdok totep pro parte adalah kebalikan dari part pro toto, majas yang juga dipelajari dalam materi Bahasa SMA ini digunakan untuk menyebutkan keseluruhan bagian yang dimaksudkan guna mewakili pada sebagian benda atau situasi saja. contohnya, Indonesia berhasil mendapatkan 11 medali emas Asian Game di tahun ini. Padahal Indonesia merupakan keseluruhan, sedangkan yang mendapatkan emas hanya beberapa orang yang mewakili Indonesia.

10. Majas Simbolik

Majas Simbolik merupakan ungkapan menggunakan gaya bahasa yang membandingkan antara manusia dengan sikap makhluk hidup lainnya dalam bentuk ungkapan. Contoh dari majas ini, Lucas sangat berani seperti raja hutan. Kata raja hutan digunakan untuk menunjukkan sosok singa sang penguasa hutan. Contoh lainnya, Irene disebut sebut sebagai kembang desa yang banyak dikagumi semua pria.

Demikian bahasan mengenai macam macam majas perbandingan. Materi majas biasanya diajarkan untuk anak tingkat SMA. Selain terdapat kelompok majas perbandingan, juga terdapat kelompok majas pertentangan, sindiran, dan penegasan. umumnya berbagai majas ini akan digunakan sesuai dengan arah pembicaraan atau efek gaya bahasa yang diinginkan. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan pembaca.

Review Pengertian dan Macam-macam Majas Lengkap Beserta Contohnya Pengertian dan Macam-macam Majas Lengkap Beserta Contohnya Reviewed by on Wednesday, May 06, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.