Pengertian Manajemen Keuangan, Prinsip Dasar dan Instrumen Di Dalamnya

Bagi mahasiswa manajemen, keuangan merupakan salah satu materi kuliah manajemen yang wajib dipelajari. Sebelum terlalu jauh mempelajari tentang manajemen keuangan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian dan juga prinsip dasar serta instrumen yang ada dalam manajemen keuangan. Buat kamu yang ingin belajar dasar dasar manajemen keuangan, yuk simak ulasannya disini.

Manajemen Keuangan

Apa Itu Manajemen Keuangan?

Dalam buku Brigham, E.F., & Houston, J.F terbitan 2001 dan telah diterjemahkan oleh Dodo Suharto & Herman Wibowo, dijelaskan bahwa manajemen keuangan berkaitan dengan perolehan aset, pendanaan dan manajemen aset yang didasari oleh beberapa tujuan. Sedangkan menurut Liehman, manajemen keuangan adalah upaya penyediaan uang dan mempergunakan dana tersebut untuk mendapatkan aset atau aktiva.

Pengertian manajemen keuangan dalam materi kuliah manajemen juga mengutip dari beberapa ahli. Seperti menurut Bambang Ryanto yang berpendapat bahwa manajemen keuangan adalah semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan upaya memperoleh dana yang dibutuhkan dengan syarat yang menguntungkan dan adanya biaya yang seminimal mungkin, juga ada upaya untuk menggunakan dana yang diperoleh secara efisien dan efektif.

Ahli keuangan bernama Jame Van Horne memiliki pendapat lain, menurut beliau manajemen keuangan adalah semua kegiatan atau aktivitas yang berhubungan langsung dengan perolehan pendanaan serta pengolahan aset (aktiva) dengan tujuan menyeluruh. Sedangkan Suad Husnan berpendapat bahwa manajemen keuangan adalah manajemen terhadap semua fungsi keuangan.

Prinsip Dasar Manajemen Manajemen

1. Akuntabilitas (Accountability)

Dalam materi kuliah manajemen juga membahas tentang prinsip dasar manajemen keuangan. Pertama ada Akuntabilitas (Accountability), dimana prinsip ini merupakan sebuah kewajiban moral atau hukum yang melekat pada individu, kelompok atau perusahaan untuk menyebutkan dana, alat alat, atau wewenang yang diberikan kepada pihak ketiga. Pada prinsip ini semua memiliki kepentingan untuk mengetahui bagaimana dana dan kewenangan digunakan.

Akuntabilitas

2. Konsistensi (Consistency)

Yang kedua ada prinsip konsistensi (consistency) dimana dalam prinsip ini membahas sistem dan kebijakan keuangan dari sebuah perusahaan haruslah konsisten dari waktu ke waktu. Prinsip ini bukan berarti sistem keuangan tidak boleh disesuaikan dengan suatu hal apabila terjadi perubahan pada organisasi. Namun adanya pendekatan yang tidak konsisten merupakan suatu pertanda bahwa terdapat manipulasi dalam pengelolaan keuangan.

3. Kelangsungan Hidup (Viability)

Prinsip ketiga yang dibahas dalam materi kuliah Manajemen keuangan ada kelangsungan hidup (viability), dimana prinsip ini berfungsi agar keuangan tetap terjaga. Dengan menetapkan pengeluaran perusahaan mulai dari tingkat strategi hingga operasional, wajib disesuaikan atau sejalan dengan dana yang diterima. Prinsip kelangsungan hidup merupakan sebuah ukuran tingkat keamanan dan keberlanjutan keuangan suatu perusahaan.

4. Transparansi (Transparency) 

Prinsip keempat ada transparansi (transparency) yang mengharuskan perusahaan terbuka tentang pekerjaan, menyediakan informasi yang ada kaitannya dengan rencana dan aktivitas perusahaan kepada orang orang yang berkepentingan. Dimana di dalamnya termasuk menyiapkan laporan keuangan yang lengkap, tepat waktu, akurat, dan dapat diakses dengan mudah oleh manajemen yang berkepentingan dan penerima manfaat.

5. Standar Akuntansi (Accounting Standards)

Selanjutnya prinsip kelima dari manajemen keuangan ada standar akuntansi (accounting standards). Saat kamu membaca materi kuliah manajemen keuangan maka akan mengetahui bahwa sistem akuntansi dan keuangan yang digunakan oleh perusahaan haruslah sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang diberlakukan di Indonesia. Yang artinya, setiap akuntan di seluruh dunia dapat mengerti dan sepaham dengan sistem yang digunakan.

6. Integritas (Integrity)

Prinsip dasar manajemen keuangan yang keenam berkaitan dengan integritas (integrity). Hal ini berarti dalam melaksanakan aktivitas operasional perusahaan, maka individu yang terlibat wajib memiliki integritas yang baik. tidak hanya itu, laporan dan catatan keuangan yang telah disusun juga harus dijaga integritasnya melalui keakuratan dan kelengkapan pencatatan keuangan.

7. Pengelolaan (Stewardship)

Pada prinsip ketujuh akan membahas tentang pengelolaan (stewardship), dimana perusahaan harus bisa mengelola dan menggunakan dana yang ada dengan baik dan dapat menjamin bahwa dana tersebut digunakan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Dimana prinsip ini sebagai penutup prinsip dasar dalam materi kuliah manajemen keuangan.

Instrumen Keuangan Dalam Manajemen Keuangan

Sebuah kontrak yang mengakibatkan adanya asset keuangan bagi satu entitas dan kewajiban keuangan atau instrumen ekuitas bagi entitas lain merupakan pengertian dari instrumen keuangan menurut IAS 32 dan 39. Contoh dari instrumen keuangan mencakup kas, giro dan deposito, commercial paper, utang dan piutang usaha, wesel, dan pinjaman. Kemudian ada sekuritas uang dan ekuitas, baik dari perspektif dari penerbit maupun pemegang saham.

Instrumen keuangan selanjutnya ada sekuritas yang dijamin dengan asset, seperti kewajiban hipotik dengan jaminan, kesepakatan pembelian kembali, dan securitised packages of receivables. Kemudian ada derivatif yang mencakup opsi, right, waran, kontrak berjangka, kontrak forward, dan swap. Itulah beberapa instrumen keuangan yang biasanya disebutkan dalam materi kuliah manajemen.

Materi tentang manajemen keuangan merupakan materi yang penting. Sebab manajemen keuangan memiliki peranan yang penting bagi setiap perusahaan, baik itu perusahaan besar maupun kecil. Agar bisnis dapat berjalan dengan baik, maka perusahaan harus memastikan bahwa mekanisme sistem manajemen keuangan telah diterapkan dengan baik. semoga materi ini bisa membantu.


Review Pengertian Manajemen Keuangan, Prinsip Dasar dan Instrumen Di Dalamnya Pengertian Manajemen Keuangan, Prinsip Dasar dan Instrumen Di Dalamnya Reviewed by on Tuesday, May 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.