Pengertian Ekonomi Mikro Serta Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Dalam kegiatan ekonomi, terbagi menjadi dua bagian. Satu diantaranya adalah ekonomi mikro atau yang sering disebut dengan mikroekonomi. Ekonomi Mikro merupakan aktivitas yang secara langsung turut mempengaruhi keputusan dalam bidang penawaran dan permintaan atas barang maupun jasa. Akan tetapi, ada beberapa pendapat para ahli yang menyatakan mengenai arti mikroekonomi tersebut. Berikut pengertian ekonomi mikro serta tujuan dan ruang lingkupnya. 

Ekonomi Mikro

A. Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli 

Berikut ini beberapa pandangan mengenai arti ekonomi mikro, dari para ahli di bidang ekonomi, yakni: 

1. Adam Smith 

Adam Smith menyatakan bahwa ekonomi mikro ialah subjek ekonomi yang seringkali bersifat ekonomis rasional. Hal ini melibatkan para pelaku ekonomi yang harus benar-benar mempertimbangkan hal-hal secara rasional sebelum mengambil keputusan. 

2. David Ricardo 

Menurut David Ricardo arti dari ekonomi mikro ialah sebuah keadaan dimana para pelaku ekonomi sudah memiliki informasi mengenai seluk beluk pasar. Sehingga, ekonomi mikro berperan sebagai faktor penentu pasar ekonomi global. 

3. Marshal Dan Piqou 

Marshal dan Piqou menyatakan bahwa pengertian ekonomi mikro ialah tingkat mobilitas tinggi dalam pasar. Jadi membuat para pemain pasar ekonomi bisa langsung beradaptasi ataupun menyesuaikan perubahan yang ada di pasar. 

4. N. G. Mankiw 

Menurut pengertian N. G. Mankiw, pengertian ekonomi mikro ialah suatu ilmu yang mempelajari mengenai peran individu dari pelaku ekonomi. Membahas bagaimana rumah tangga dan perusahaan membuat keputusan serta bagaimana mereka berinteraksi di suatu pasar tertentu. 

5. Sadono Sukirno 

Sadono Sukirno berpendapat mengenai ekonomi mikro yang artinya salah satu cabang ilmu ekonomi yang membahas perilaku konsumen juga perusahaan beserta harga-harga di pasar. Termasuk kuantitas faktor input barang dan jasa yang dijual-belikan di sana. 

Dari beberapa pernyataan mengenai ekonomi mikro di atas, dapat disimpulkan bahwa mikro ekonomi ialah bagian dari ilmu ekonomi yang mencakup tindakan pelaku ekonomi terhadap pasar. Jadi, konsumen serta produsen atau perusahaan sama-sama memiliki peran yang penting terhadap berjalannya proses jual beli, terutama dalam menentukan harga dan kebutuhan. 

B. Tujuan Ekonomi Mikro 

Di lihat dari keberadaannya, ekonomi mikro memiliki beberapa tujuan diantaranya: 

1. Menganalisis laju pasar yang menyusun harga barang dan jasa secara relatif, serta alokasi sumber terbatas diantara banyaknya pilihan alternatif. 

2. Menganalisa kegagalan di pasar serta menjelaskan hasil yang efektif sekaligus menjabarkan kondisi teoritis yang harus dibentuk untuk persaingan pasar yang sehat dan sempurna. 

Analisa jalannya pasar sangat perlu agar nantinya bisa diketahui berhasil tidaknya. Begitu juga ketika ada yang dirasa gagal, bisa dievaluasi agar tidak terjadi jadi. Untuk mencapai tersebut, diperlukan upaya dari sisi konsumen juga perusahaan. Jadi terbentuk pasar ekonomi yang tumbuh dengan baik. 

C. Ruang Lingkup Ekonomi 

Cakupan dalam ekonomi mikro adalah konsumen dan produsen. Sebab dalam lingkup ekonomi, konsumen juga produsen ialah individu dalam rumah tangga, perusahaan atau organisasi. Jadi mikroekonomi ini menganalisa perilaku antara penjual dan pembeli, sekaligus interaksi pasar produksi. Jika dijabarkan, berikut bagian-bagian dari ruang lingkup ekonomi mikro: 
  • Teori tindakan konsumen 
  • Pasar monopoli dan oligopoli 
  • Permintaan, penawaran serta keseimbangan harga di pasar 
  • Elastisitas permintaan dan penawaran 
  • Persaingan secara monopolistik pasar 
  • Permintaan input atau masukan 
  • Mekanisme harga dan pendistribusian pendapatan 
  • Teori produksi, pembiayaan produksi, pemasukan produsen serta profit 
  • Pasar persaingan yang sehat atau sempurna. 
Bagian dari mikro ekonomi tersebut tidak dapat dipisahkan. Konsumen, produsen dan pasar yang saling berinteraksi. Sebab bagaimanapun juga, dalam dunia ekonomi ketiga instrumen itulah yang melatarbelakangi. Selain dari pengertian ekonomi mikro serta tujuan dan ruang lingkupnya di atas, berikut beberapa teori dalam mikro ekonomi. 

D. Teori-Teori Dalam Ekonomi Mikro 

Teori dan juga analisis mikro ekonomi terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya: 

1. Teori Harga 

Dalam teori ini menyatakan bahwa harga diterapkan sebagai dasar dalam analisa interaksi diantara penawaran dan permintaan barang maupun jasa, yang ada di pasar sekaligus faktor-faktor yang mempengaruhinya. Analisa tersebut dilakukan berdasar: 
  • Proses penentuan harga 
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran 
  • Hubungan antara harga dalam permintaan dan penawaran 
  • Bentuk-bentuk pasar 
  • Konsep elastisitas pada permintaan dan penawaran. 
2. Teori Produksi 

Teori produksi ini diterapkan sebagai dasar dalam menjalankan analisa pembiayaan produksi serta tingkatan yang ada di dalamnya. Adapun analisis tersebut dilakukan terhadap: 
  • Apa saja yang berhubungan dengan pembiayaan produksi barang juga jasa 
  • Tingkat produksi yang menghasilkan profit paling tinggi untuk produsen 
  • Kombinasi dari faktor produksi yang harus ditentukan oleh produsen guna memperoleh profit yang tinggi. 
3. Teori Distribusi 

Pada teori distribusi fokus dengan tujuan untuk menganalisa mikro ekonomi yang berhubungan dengan gaji tenaga kerja, nominal bunga yang harus dibayarkan ke pemilik modal serta berapa besarnya profit yang didapati oleh produsen. 

E. Komponen Ekonomi Mikro Dalam Bisnis 

Dalam penerapan mikro ekonomi di dalam bisnis, terdapat tiga instrument pokok yang wajib dimengerti. Ketiga komponen tersebut adalah: 

Interaksi Pada Pasar

1. Interaksi Pada Pasar Barang 

Dari segi mikro ekonomi, di aktivitas pasar barang terjadi berbagai macam interaksi. Salah satunya ialah tawar menawar dalam memperoleh kecocokan harga antar penjual dan pembeli. 

Kegiatan mikro ekonomi di sini sangat penting karena berguna untuk mencari tahu interaksi yang terjadi. Sehingga bisa mengambil keputusan yang terkait pada penentuan harga produk maupun jasa dalam suatu perusahaan. 

2. Tingkah Laku Dari Penjual dan Pembeli 

Dalam teori ekonomi mikro, erat kaitannya dengan tingkah laku penjual dan pembeli. Sebab interaksi tersebut juga berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen di pasar meskipun tujuannya tidak sama. 

Dari mikro ekonomi ini mendeskripsikan mengenai tindakan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya melalui pemasukan yang diperoleh. Sedangkan dari produsen ditujukan untuk memperoleh profit dalam jumlah sebanyak mungkin. 

3. Interaksi Di Pasar Ekonomi 

Di sini menjelaskan perihal interaksi konsumen dengan produsen, yang mencakup faktor produksi seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, kewirausahaan dan juga modal. 

F. Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis 

Dalam bidang bisnis terdapat peran dari ekonomi mikro. Hingga membuat teori tersebut punya pengaruh besar terhadap perusahaan ataupun produsen. Berikut daftar peran mikro ekonomi dalam bisnis: 

Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis

1. Membuat Rumus Kebijakan 

Dalam merumuskan kebijakan perusahaan yang berhubungan dengan upah dan harga, ekonomi mikro bisa dijadikan landasan. Sebab dari teori tersebut dapat dijadikan sumber informasi guna mempelajari interaksi di pasar. Sekaligus bisa mengetahui bagaimana campur tangan pemerintah agar bisa menyusun kebijakan perusahaan yang inovatif dan strategis. 

2. Menyusun Perencanaan 

Adanya mikro ekonomi sebagai sumber informasi di pasar, turut mempermudah perusahaan dalam menyusun perencanaan ke depannya. Bisa juga untuk membantu mencari tahu prediksi yang kemungkinan jadi di pasar. Contohnya dalam bidang trend barang maupun jasa. 

3. Memahami Perilaku Konsumen 

Adanya ekonomi mikro secara tidak langsung dapat memberitahukan seperti apa dan bagaimana keperluan para konsumen. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan produksi barang maupun jasa untuk bisa bertahan di pasar. 

4. Mengetahui Perputaran Produk Di Pasar 

Apabila ingin bertahan di pasar ekonomi, maka perusahaan harus terus memantau produk yang dijual supaya sesuai jalur dan target. Selain itu, supaya tidak dicurangi oleh para pesaing lainnya. 

5. Mendorong Produktivitas Perusahaan 

Produktivitas dalam suatu perusahaan bisa terpenuhi karena berbagai faktor. Seperti sumber daya manusia yang berkualitas, produk unggul dan lainnya. Adanya produktivitas menjadikan profit dan kentungan yang lebih optimal. Demikianlah pengertian ekonomi mikro serta tujuan dan ruang lingkupnya. Jika ditarik kesimpulan, keberadaan ekonomi mikro sangat penting dalam kelangsungan pasar ekonomi bagi semua pihak yang terlibat.
Review Pengertian Ekonomi Mikro Serta Tujuan dan Ruang Lingkupnya Pengertian Ekonomi Mikro Serta Tujuan dan Ruang Lingkupnya Reviewed by on Monday, June 08, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.