Pengertian Pendapatan Nasional : Konsep, Manfaat dan Faktor

Segala aktivitas ekonomi yang dijalankan oleh semua anggota masyarakat menorehkan pengaruh dalam pendapatan nasional. Dari pemasukan itu nantinya bisa diukur sejauh mana keadaan ekonomi suatu wilayah, sudahkah disebut tumbuh dengan baik ataukah sedang berkembang. Untuk mengetahui itu semua, setiap pendapatan akan diukur melalui indikator-indikator tentu. Simak pengertian dan konsep dasar pendapatan nasional di bawah ini. 

A. Pengertian Pendapatan Nasional Secara Umum 

Seperti yang kita ketahui, pendapatan adalah pemasukan yang diterima oleh setiap individu dalam suatu wilayah pada kurun waktu tertentu. Biasanya masa tersebut ditentukan selama satu tahun. Bisa juga diartikan sebagai jumlah keseluruhan dari produk baik itu barang maupun jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam satu negara. 
Pengertian Pendapatan Nasional Secara Umum

B. Pengertian Pendapatan Nasional Menurut Para Ahli 

Berikut beberapa pernyataan para ahli mengenai arti pendapatan nasional, yakni: 

1. Theodurus M. Tuanakotta 

Menyatakan bahwa pendapatan secara umum artinya suatu hasil dari perusahaan tertentu. Lebih tepatnya pemasukan ini berupa kenaikan profit dari arus produksi barang maupun jasa dalam masa tertentu. Biasanya, pemasukan ini dinyatakan dalam bentuk uang. Sebab termasuk suatu "inflow pf assets" pada perusahaan untuk penjualan produk ataupun jasa. 

2. Kusnadi 

Menurut Kusnadi, pendapatan adalah suatu penambahan aktiva yang mempengaruhi bertambahnya modal, tapi bukan dari modal sang pemilik dan bukan modal hutang melainkan dari penjualan barang dan jasa. 

3. Alfred Marshall 

Alfred Marshall mengemukakan bahwa pendapatan nasional ialah tenaga kerja dan modal utama dari suatu negara yang mengelola sumber alamnya guna menghasilkan neto komoditas. 

C. Konsep Pendapatan Nasional 

Ada beberapa konsep yang dipakai untuk mengukur pendapatan nasional dalam suatu negara. Adapun konsep pendapatan nasional itu ialah: 

Konsep Pendapatan Nasional

1. Produk Domestik Bruto (PDP) 

Di sebut juga dengan Gross Domestic Product yang merupakan suatu jumlah keseluruhan barang dan jasa yang diproduksi oleh satuan ekonomi di dalam negeri pada kurun waktu satu periode, yaitu setahun. 

Konsep PDB = Pendapatan Masyarakat Dalam Negeri + Pendapatan Asing Di Dalam Negeri. 

Produk jasa maupun barang yang dikeluarkan oleh perusahaan asing yang berada di dalam negeri terhitung sebagai Gross Domestic Product. Contohnya adalah perusahaan Amerika mendirikan cabang perusahaan di Indonesia, maka hasil produk tersebut termasuk PDB atau Produk Domestik Bruto. 

2. Produk Nasional Bruto 

Adalah jumlah total produk dari barang dan jasa yang diproduksi oleh warna negara dalam periode waktu satu tahun. Produk tersebut bisa berupa barang dan jasa yang dihasilkan di negara lain. Contoh dari Produk Nasional Bruto ialah pengusaha Indonesia yang memiliki perusahaan atau bisnis di negara lain 

Konsep dari PNB = Pendapatan Warga Negara Dalam Negeri + Pendapatan Warga Negara Indonesia di Luar Negeri - Pendapatan Warga Asing Dalam Negeri

3. Produk Nasional Netto 

Merupakan total dari Produk Nasional Bruto yang kemudian dikurangi penyusutan barang modal. Penyusutan dalam konsep Net National Product ini adalah pengganti barang modal bagi perlengkapan yang dipakai untuk aktivitas produksi. 

Rumus konsep PNN = PNB - Depresiasi (Penyusutan Barang Modal) 

4. Pendapatan Nasional Netto (Net National Income) 

Net National Income atau NNI merupakan pemasukan yang dihitung sesuai jumlah balas jasa yang diperoleh warga masyarakat pemilik faktor produksi. 

Konsep NNI = Produk Nasional Netto - Pajak Tak Langsung. 

5. Pendapatan Perseorangan atau Personal Income (PI) 

Adalah sejumlah total pemasukan yang diterima oleh masing-masing individu dalam masyarakat, tak terkecuali penghasilan yang diperoleh tanpa harus kerja, contohnya uang pensiun untuk para PNS. 

Konsep PI = Pendapatan Nasional Netto - Pajak Perusahaan - Iuran - Laba Ditahan + Transfer Payment. 

Maksud dari transfer payment ialah semua jenis pemasukan yang bukan dari hasil balas jasa produksi, melainkan diperoleh dari suatu pendapatan nasional di tahun sebelumnya. 

6. Pendapatan yang Siap Dibelanjakan (DI) 

Disposable Income ini ialah suatu pemasukan yang sebelumnya sudah dikurangi dengan pajak langsung, jadi bisa dibelanjakan atau disimpan dalam bentuk investasi. 

Konsep Disposable Income = Personal Income - Pajak Langsung. 

Dalam pajak langsung ini adalah segala macam pajak yang tidak bisa dibayarkan oleh pihak lain, contohnya pajak pemasukan atau penghasilan. 

D. Pendekatan Dalam Penghitungan Pendapatan Nasional 

Dalam menghitung pendapatan nasional, ada tiga mode pendekatan, yaitu: 

1. Pendekatan Produksi 

Pendekatan produksi bisa dijalankan dengan menambah nilai produksi akhir dari setiap sektor. 

2. Pendekatan Pendapatan 

Pendekatan diterapkan dengan menjumlah total semua imbalan seperti upah, bunga, laba maupun sewa. Rumus pendapatan nasional melalui pendekatan pendapatan sangat simple yaitu upah ditambah bunga tambah laba tambah sewa. 

3. Pendekatan Pengeluaran 

Pendekatan pengeluaran bisa diketahui dengan cara menjumlah total Kesemua pengeluaran seperti konsumsi, pengeluaran pemerintah, investasi, selisih eksport yang sudah dikurangi import. Rumusnya sama seperti penjelasan dari pendekatan ini. 

E. Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional 

Adanya penghitungan pendapatan nasional untuk menghitung setiap pemasukan dan segala bentuk pengeluarannya memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah: 
  1. Memperoleh suatu informasi mengenai seberapa jauh level kemakmuran di negara tersebut. 
  2. Mempermudah pengukuran perubahan ekonomi di suatu negara secara berkala. 
  3. Menjadi tolak ukur atas kualitas hidup warga masyarakat di suatu negara. 
  4. Mendukung proses evaluasi kinerja perekonomian pada skala tertentu.
  5. Memberikan kemudahan untuk membandingkan proses kerja ekonomi di setiap sektor. 
  6. Menjadi indikator pembanding di setiap kinerja 
  7. Menjadi indikator sekaligus pembanding dalam menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi dari waktu ke waktu 
  8. Sebagai alat ukur untuk membandingkan kualitas standar hidup di sebuah negara 
  9. Sebagai indikator dan pembanding nilai pertumbuhan ekonomi dan kekayaan yang dimiliki oleh negara. 
Banyak sekali manfaat di balik penghitungan pendapatan nasional ini. Bukan hanya sekedar diketahui berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran, tapi juga sebagai bahan acuan untuk melangkah ke depannya, guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik. 

F. Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional 

Seberapa bagus tingkat pendapatan nasional rupanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti: 

1. Permintaan dan Penawaran Agregat 

Pada permintaan agregat merujuk pada hubungan seluruh jumlah permintaan atas barang dan jasa berdasarkan tingkat harga. Sedangkan untuk penawaran agregat juga mencakup total penawaran jasa dan barang yang ditawarkan oleh pihak maupun perusahaan tertentu dengan kisaran harga berbeda-beda 

2. Investasi 

Pengeluaran untuk investasi ini dilakukan oleh perusahaan atau perorangan sebagai salah satu instrument dalam pengeluaran agreat. Pihak yang bersedia menanam investasi paling banyak menunjukkan bahwa mereka mengalami kemajuan atau peningkatan pemasukan. Dengan begitu bisa mempengaruhi pendapatan nasional di suatu negara. 

3. Konsumsi dan Tabungan 

Konsumsi merupakan segala bentuk pengeluaran untuk mendapatkan barang maupun jasa guna memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan untuk tabungan merupakan pendapatan yang tidak digunakan untuk keperluan lain maupun konsumsi. Semakin banyak jumlah tabungan yang dimiliki artinya semakin meningkat pula pendapatan nasional suatu negara. Tak luput juga dengan tingkat konsumsi yang meningkat berarti pemasukan warga masyarakat pun juga membaik. 

Demikianlah pengertian konsep dasar pendapatan nasional yang ada di Indonesia. Dimana konsep tersebut menunjukkan konsep untuk menghitung tingkat perekonomian di masing-masing sektor.
Review Pengertian Pendapatan Nasional : Konsep, Manfaat dan Faktor Pengertian Pendapatan Nasional : Konsep, Manfaat dan Faktor Reviewed by on Sunday, June 21, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.