Pengertian Ekonomi Internasional, Ruang Lingkup dan Tujuannya

Buat kamu yang belum tahu mengenai pengertian, ruang lingkup dan tujuan ekonomi internasional, maka membaca artikel ini adalah pilihan tepat dan terbaik bagi kamu. Seperti disebutkan di atas topik bahasan artikel ini terkait dengan ekonomi internasional. Apa itu pengertian, ruang lingkup serta tujuannya? Simak saja bahasan singkatnya di bawah ya.

A. Pengertian dari Ekonomi Internasional 

Secara umum, ekonomi internasional memiliki dua segi, yaitu: 
  • Dari segi ilmiah, ekonomi internasional merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang membahas mengenai akibat yang timbul dari adanya saling ketergantungan antara berbagai negara di dunia, entah itu dari segi perdagangan internasional maupun pasar kredit internasional. 
  • Dari segi praktis, ekonomi internasional adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari serta menganalisis berbagai transaksi serta permasalahan dalam ekonomi internasional atau ekspor-impor yang meliputi perdagangan dan urusan moneter atau keuangan serta organisasi ekonomi, entah swasta maupun pemerintah dan juga kerjasama ekonomi antar negara. 
Hubungan antar negara dalam ekonomi internasional bersifat saling tergantung. Dimana negara maju membutuhkan negara berkembang dan begitu pula sebaliknya. Tidak percaya? Lihat saja fakta bahwa Amerika Serikat yang sangat bergantung pada produsen luar negeri, dan juga Jepang yang hampir setengah dari makanan yang dikonsumsi penduduknya berasal dari hasil impor. Sementara negara berkembang, termasuk diantaranya Indonesia, sangat membutuhkan teknologi canggih yang dikembangkan serta dihasilkan negara-negara industri. Nanti kedepannya, dalam jangka panjang, pola perdagangan internasional bakal ditentukan berbagai prinsip keunggulan komparatif.
Pengertian Ekonomi Internasional, Ruang Lingkup dan Tujuannya
B. Ruang Lingkup dari Ekonomi Internasional 

Ruang lingkup ekonomi internasional terbagi berdasar sifat-sifat tertentu, yaitu: 
  • Teori dan berbagai kebijakan perdagangan internasional 
  • Teori dan berbagai kebijakan di bidang keuangan dan moneter dunia internasional 
  • Pembentukan berbagai organisasi dan unit kerja sama ekonomi internasional 
  • Pendirian berbagai perusahaan multinasional 
C. Tujuan dari Ekonomi Internasional 

Ekonomi internasional bertujuan meningkatkan taraf kemakmuran hingga mencapai tingkat setinggi mungkin demi umat manusia dengan melakukan berbagai kegiatan perdagangan, pengangkutan, investasi, perkreditan, diplosiasi, perasuransian, dan lainnya. 

Tujuan ekonomi internasional lebih spesifik lagi adalah sebagai berikut: 

1. Agar bisa membebaskan masyarakat dari kemiskinan dan kelaparan 

Perekonomian negara yang buruk ditandai dengan tingginya tingkat kemiskinan dan kelaparan di negara tersebut. Karena itulah perlu dilakukan berbagai kerja sama ekonomi internasional buat mengatasinya. 

2. Agar bisa membebaskan bangsa dari keterbelakangan ekonomi 

Seiring perkembangan teknologi, tidak menjamin pengetahuan perekonomian juga meningkat. Hal tersebut bisa diatasi dengan membentuk kerja sama ekonomi internasional. 

3. Agar bisa memajukan perdagangan 

Dengan majunya perdagangan suatu negara maka bakal tercapai dua tujuan berikut: 
  • Menyejahterakan bangsa lewat berbagai kegiatan ekspor dan impor barang. 
  • Meningkatkan serta membantu mengurangi kesenjangan ekonomi. 
4. Agar bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi 

Pelaksanaan kerja sama ekonomi internasional bisa mengembangkan berbagai kegiatan ekonomi hingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara tersebut. 

5. Agar bisa menstabilkan negara di bidang ekonomi, politik, budaya, sosial, serta pertahanan keamanan 

Tidak bisa dipungkiri bahwa bidang ekonomi merupakan faktor utama yang mesti ditingkatkan agar berbagai bidang di atas juga bisa ikut stabil. 

6. Agar bisa memelihara ketertiban dan perdamaian negara 

Apabila perekonomian satu negara dengan negara lain berlangsung dengan baik maka tentu saja ketertiban serta perdamaian antara negara tersebut juga bakal terjamin. 

7. Agar bisa mempererat tali persaudaraan antar negara 

Selain bisa menyelesaikan berbagai masalah di bidang ekonomi, kerja sama ekonomi internasional juga bisa mempererat tali persaudaraan antara negara-negara tersebut. 

8. Agar bisa mempercepat pembangunan nasional 

Pembangunan sarana serta prasarana dalam jangka panjang suatu negara bisa dipercepat dengan melakukan kerja sama ekonomi internasional dengan negara lain. 
Pengertian Ekonomi Internasional, Ruang Lingkup dan Tujuannya
Sebagai salah satu tujuan ekonomi internasional, perdagangan internasional berbeda sifat dan cara pelaksanaannya kalau dibandingkan dengan perdagangan dalam negeri. Berikut beberapa penyebab perbedaan tersebut: 

1. Perbedaan negara 

Akibat perbedaan tersebut, maka hukum peraturan jual beli, mata uang, peraturan bea, dan lainnya juga bakal berbeda. 

2. Perbedaan bangsa dan daerah 

Akibat perbedaan ini, maka berbagai kebiasaan adat istiadat, kesukaan, musim serta kondisi pasar juga bakal berbeda. 

3. Perbedaan akibat politik, sosial, ekonomi dan kultural 

Akibat perbedaan ini, maka suasana keadaan serta kondisi bangsa dan negara juga bakal berbeda-beda. 

D. Manfaat Ekonomi Internasional 

Sementara berbagai manfaat dari dilakukannya kegiatan ekonomi internasional adalah seperti tersebut di bawah ini. 

1. Peningkatan pendapatan negara 

Contoh kegiatan ekonomi yang bisa meningkatkan pendapatan negara antara lain adalah: 

○ Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia atau TKI ke negara lain. 

Para TKI tersebut bakal mendapat gaji dengan mata uang dari negara tempat mereka bekerja, dan saat mereka menukarkan uang ini ke rupiah, bakal terjadi transaksi pembelian rupiah. Inilah salah satu pemasukan buat negara. 

○ Ekspor barang ke luar negeri 

Dengan mengekspor barang ke luar negeri maka bakal menambah pemasukan juga buat negara. 

2. Kestabilan harga barang dalam negeri terjaga 

Dengan menambah kuota impor yang sesuai keinginan masyarakat, maka semua permintaan dalam negeri bakal terpenuhi hingga harga bakal bisa dijaga tetap stabil serta terjangkau. 

3. Perluasan ketersediaan lapangan kerja 

Kalau permintaan ekspor tinggi, maka tentunya dibutuhkan perluasan lapangan kerja bukan? Soalnya salah satu faktor penentu kelancaran peningkatan produksi selain ketersediaan bahan baku adalah ketersediaan tenaga kerja yang berkualitas. 

4. Pelaksanaan pembangunan nasional bisa lebih cepat 

Demi menunjang kegiatan ekonomi tentu perlu dilaksanakan berbagai pembangunan dalam negara tersebut, seperti misalnya pembangunan bandara baru, jalan tol dan lainnya. 

5. Kemunculan berbagai ahli bidang teknologi 

Era globalisasi bisa mempercepat proses alih teknologi, hingga bakal mendorong masyarakat Indonesia terutama agar berminat menjadi ahli teknologi dunia. 

E. Karakteristik dari Ekonomi Internasional 

Ekonomi internasional sendiri memiliki beberapa karakteristik khusus, yaitu: 

1. Liberalisasi pasar atau kondisi pasar terbuka 

Hal tersebut juga disertai dengan banyaknya arus transfer uang yang kian canggih seiring perkembangan teknologi. 

2. Kemunculan perusahaan multinasional 

Dengan bermunculannya perusahaan multinasional maka negara lain bakal memiliki ketergantungan secara ekonomi kepada negara asal perusahaan multinasional tersebut. 

3. Ketatnya persaingan antar negara dan perusahaan 

Persaingan yang ketat tersebut bakal mendorong negara-negara buat meningkatkan mutu produk, kinerja perusahaan, keefektifan serta efisiensi kerja secara optimal. 
Pengertian Ekonomi Internasional, Ruang Lingkup dan Tujuannya
F. Pengaruh Ekonomi Internasional Terhadap Keseimbangan Ekonomi 

Perdagangan antar dua negara atau lebih tentu bakal berdampak pada perekonomian internasional serta negara-negara yang terlibat langsung, terutama ditandai dengan munculnya keseimbangan ekonomi yang menjadi dinamis. 

Kalau negara yang terlibat mampu berpartisipasi dengan baik sebagai pelaku tangguh dalam perdagangan internasional dengan mampu bersaing menyediakan berbagai kebutuhan maka tentunya ekonomi internasional ini membawa dampak yang positif. 

Sebaliknya kalau negara yang terlibat cenderung justru menjadi konsumtif tanpa disertai peningkatan perekonomian dan pendapatan per kapita, maka bisa jadi itu menjadi keruntuhan ekonomi yang diawali dengan jatuhnya nilai mata uang negara itu. 

Pengaruh ekonomi internasional terhadap keseimbangan ekonomi bisa dilihat dari tiga sudut pandang, yaitu: 

1. Pengaruh terhadap supply & demand 

Kalau negara yang terlibat mampu bersaing dalam perdagangan internasional dengan memproduksi serta menyediakan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan, maka bakal bisa dilihat dari keseimbangan supply & demand. Kalau permintaan kebutuhan produk yang negara tersebut produksi tinggi maka keseimbangan supply & demand juga bakal bergeser lebih tinggi, begitu juga sebaliknya. Dengan kata lain kondisi supply & demand ditentukan oleh tingkat produksi, kualitas serta berbagai aspek lain dalam penyediaan kebutuhan itu. 

2. Pengaruh terhadap Pendapatan Nasional 

Kesuksesan suatu negara dalam perdagangan internasional tentu bakal meningkatkan Pendapatan Nasional negara tersebut. Peningkatan Pendapatan Nasional tersebut bisa membawa manfaat berikut bagi negara: 
  • Mempercepat pembangunan dan kemajuan negara 
  • Meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat 
  • Meningkatkan pendapatan per kapita 
3. Pengaruh terhadap aspek mikro perusahaan 

Sebagai pelaku dalam perdagangan internasional, tentunya perusahaan mempunyai peran penting. Apabila perusahaan tersebut mampu menjaga tingkat produksi, kualitas dan kuantitas sumber daya, serta kemampuan bersaing dalam perdagangan internasional maka bakal mempengaruhi aspek mikro perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut bisa berkembang menjadi perusahaan multinasional dengan jaringan perdagangan yang lebih luas karena akses ke pasar luar negeri terbuka. Selain itu faktor campur tangan pemerintah yang disertai berbagai kebijakan perdagangan dalam maupun luar negeri juga berdampak langsung terhadap peran serta perusahaan tersebut ke dunia perdagangan internasional. 

Sekian bahasan singkat terkait pengertian, ruang lingkup dan tujuan ekonomi internasional. Semoga peran Indonesia di ekonomi internasional semakin maju dan meningkat. 

Referensi : 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_Internasional
  • http://adefebriwibowo.blogspot.com/2018/02/konsep-dasar-dan-ruang-lingkup-ekonomi.html
  • https://www.mypurohith.com/pengertian-ekonomi-internasional/
  • https://sonny1107.wordpress.com/2012/03/23/tujuan-pengertian-ekonomi-internasional/#:~:text=Tujuan%20ekonomi%20internasional,%2C%20perasuransian%2C%20diplosiasi%2C%20dsb.
Review Pengertian Ekonomi Internasional, Ruang Lingkup dan Tujuannya Pengertian Ekonomi Internasional, Ruang Lingkup dan Tujuannya Reviewed by on Tuesday, August 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.