Pengertian Ekonomi Publik, Konsep Dasar, Ruang Lingkup serta Peran Pemerintah

Buat kamu yang belum tahu soal pengertian, konsep dasar dan ruang lingkup ekonomi publik, bisa baca artikel ini ya. Semua topik itu bakal dikupas tuntas di sini. Apa saja sih pengertian, konsep dasar dan ruang lingkup ekonomi publik itu? Tentu saja kamu mesti terus baca artikel ini sampai akhir buat tahu jawabannya. 

Pengertian, Konsep Dasar dan Ruang Lingkup Ekonomi Publik

A. Pengertian Ekonomi Publik 

Ekonomi Publik bisa diartikan sebagai studi berbagai isu ekonomi yang terjadi pada sektor publik termasuk di dalamnya pemerintahan dan juga antarmuka dengan sektor swasta dalam ekonomi campuran. 

Ekonomi publik berkaitan dengan dua hal berikut: 
  • Studi bagaimana pemerintah bisa menangani kegagalan pasar demi pencapaian hasil yang efisien. 
  • Masalah ekonomi yang terlihat pada fungsi pemerintah serta peran mereka dalam promosi sosial ekonomi kesejahteraan. 
Definisi serta keterkaitan ekonomi publik dengan dua hal diatas disimpulkan berdasar berbagai definisi ekonomi publik menurut beberapa ahli berikut: 

1. Mangkoesoebroto 

Ekonomi publik pada dasarnya merupakan cabang ilmu ekonomi yang menganalisis peranan pemerintah dalam perekonomian serta dampak berbagai kebijakan pemerintah dalam bidang fiskal terhadap perekonomian. 

2. Mardiasmo 

Ekonomi publik merupakan entitas yang aktivitasnya berhubungan dengan usaha yang menghasilkan barang serta pelayanan publik dalam rangka pemenuhan kebutuhan serta hak publik. 

3. Indra Bastian 

Sektor publik kalau dilihat dari sisi kebijakan ekonomi publik bisa diartikan sebagai tuntutan pajak, birokrasi berlebihan serta pemerintahan yang besar dan nasionalisasi versus privatisasi. 

Sektor publik juga bisa diartikan dalam dua arti: 
  • Sektor publik dalam arti luas dikatakan sebagai bidang yang membahas metode manajemen negara. 
  • Sektor publik dalam arti sempit dikatakan sebagai pembahasan pajak beserta kebijakannya. 
4. Professor Stephen Bailey & Glasgow Caledonian 

Ekonomi sektor publik terkait dengan pembenaran keberadaan pemerintah serta penjelasan cara mereka mempengaruhi kegiatan ekonomi. Dengan begitu bisa menjelaskan bagaimana tangan tak terlihat dari pasar marah pada tangan terlihat pemerintah dalam ekonomi campuran di kedua sektor, entah itu publik maupun swasta. 

5. Sri Mulyani Indrawati 

Ekonomi publik yang disebut juga finansial publik adalah cabang ilmu ekonomi yang menelaah berbagai masalah publik dalam artian pemerintah atau negara dan masyarakat, serta dalam konteks perekonomian seperti kebijakan perpajakan atau subsidi, deregulasi atau regulasi, nasionalisasi atau privatisasi, kebijakan teknologi, ketahanan pangan, pertahanan dan keamanan, pendidikan, kesehatan dan berbagai bidang lainnya. 

6. Carl C. Pelm 

Merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari penggunaan dana buat pemerintah demi pemenuhan pembayaran kegiatan yang dilaksanakan pemerintah. 

7. R. A. Musgrave 

Merupakan ilmu yang mempelajari berbagai masalah luas dan kompleks terkait pemasukan serta pengeluaran pemerintah. 

8. Buchanan 

Merupakan ilmu yang mempelajari berbagai aktiva ekonomi pemerintah sebagai suatu unit. 

9. M. Suparmoko 

Merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari berbagai kegiatan pemerintah di bidang ekonomi, terutama terkait penerimaan dan pengeluaran negara serta dampak pengaruhnya dalam perekonomian. 

B. Konsep Dasar Ekonomi Publik 

Newman dan Ilyas memaparkan dua hal pokok yang merupakan konsep dasar ilmu ekonomi publik, yaitu: 

1. Ruang lingkup serta tujuan pemerintah 

Bahasan utama dari konsep ini berada dalam penentuan bagaimana kemampuan dari berbagai kegiatan pemerintah bisa mempengaruhi tingkat pendapatan dan juga kesempatan kerja bagi masyarakat, efisiensi dari alokasi sumber daya serta pertumbuhan dan perkembangan ekonomi sektor swasta. 

2. Pembahasan terkait perumusan ilmu ekonomi publik dalam istilah non moneter. 

Bahasan utama dari konsep ini adalah buat menganalisis pengumpulan pajak, transfer payment serta berbagai pengeluaran lainnya yang dilakukan demi pembiayaan bidang produktif. 
Ruang Lingkup Ekonomi Publik 

Kalau melihat berbagai definisi ekonomi publik di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa ruang lingkup ilmu ekonomi publik adalah sebagai berikut: 

3. Teori Pengeluaran Negara 

Lewat teori ini, pemerintah bisa berusaha mengembangkan jalannya keuangan di perekonomian sesuai hukum penawaran dan permintaan yang memiliki tujuan akhir peningkatan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan rakyat. 

4. Teori Penerimaan Negara 

Teori ini membahas tiga hal berikut: 
  • Berbagai sumber penerimaan negara 
  • Perbandingan keuntungan atau kerugian berbagai bentuk pemasukan 
  • Berbagai prinsip yang dianut terhadap pilihan sumber penerimaan negara. 
5. Teori Administrasi Keuangan 

Teori ini membahas mengenai berbagai kegiatan di bidang keuangan termasuk di dalamnya permasalahan terkait anggaran belanja negara, pelaksanaan anggaran serta pengawasan terhadap anggaran. 

6. Teori Stabilisasi dan Pertumbuhan 

Teori ini membahas berbagai kebijakan ekonomi pemerintahan serta kaitannya dengan kebijakan fiskal yang mempunyai hubungan langsung dengan penerimaan serta pengeluaran negara. 

C. Landasan Penyebab Munculnya Ekonomi Publik 
Pengertian, Konsep Dasar dan Ruang Lingkup Ekonomi Publik
Landasan pikir penyebab munculnya ilmu ekonomi publik adalah: 

1. Masalah kunci di perekonomian adalah berbagai masalah berikut: 
  • Masalah mikro ekonomi seperti alokasi konsumsi dan distribusi produksi. 
  • Masalah makro ekonomi seperti inflasi, pengangguran, kapasitas produksi serta pertumbuhan ekonomi. 
2. Sistem perekonomian negara terkait erat dengan pelaku ekonomi, entah it pemerintah atau swasta serta bagaimana cara pengambilan keputusan, entah itu lewat mekanisme harga atau perencanaan terpusat. 

3. Berbagai pandangan mengenai peran pemerintah di dalam perekonomian yang kian konvergen atau cenderung saling mendekat satu sama lain. Walau saat ini perekonomian diakui swasta secara umum, tapi kalau sampai kegagalan pasar terjadi, maka pemerintah berpotensi memperbaiki kegagalan itu dan sudah semestinya pemerintah bertindak. 

4. Analisis bisa dijamin secara pendekatan ilmiah, nah, analisis sektor publik itu sendiri terdiri dari empat tahap seperti berikut: 
  • Deskripsi berbagai kegiatan pemerintah di dalam perekonomian 
  • Tinjauan atas kriteria keberhasilan suatu keputusan publik 
  • Telaah konsekuensi penerapan kebijakan pemerintah 
  • Evaluasi proses politik yang mengarah ke pengambilan keputusan terkait kebijakan publik. 
D. Peran Pemerintah dalam Ekonomi Publik 

Ekonomi publik tidak bisa dipisahkan dengan pemerintah yang punya wewenang menetapkan kebijakan publik yang dibutuhkan buat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat penyediaan berbagai barang publik dan barang konsumsi lain. 

1. Fungsi Alokasi Pemerintah 

Peran pemerintah di sini antara lain adalah menyediakan jasa serta barang yang berasal dari sumber daya di negara tersebut demi pemenuhan kebutuhan masyarakat. 

2. Fungsi Distribusi Pemerintah 

Peran pemerintah di sini antara lain adalah: 
  • Mendistribusikan berbagai sumber daya berupa jasa dan barang kepada masyarakat secara adil dan juga merata. 
  • Meregulasi atau mengatur perekonomian dengan memakai alat pajak serta subsidi. 
  • Meredistribusikan atau membagi ulang pendapatan yang didapat dari suatu kelompok ke kelompok lain. 
3. Fungsi Stabilisasi Pemerintah 

Peran pemerintah di sini adalah menciptakan keadaan yang nyaman serta aman dalam kehidupan bernegara agar tercipta kondisi masyarakat sejahtera. 

Walau ketiga fungsi pemerintah dalam ekonomi publik tersebut merupakan tanggung jawab serta wewenang pemerintah pusat, namun demi tercapainya sistem pemerintahan yang efisien serta efektif, maka sebagian besar tanggung jawab dan wewenang pemerintah pusat didesentralisasikan kepada pemerintah daerah dan sisanya tetap menjadi tugas serta wewenang pemerintah pusat. Contoh tanggung jawab dan wewenang pemerintah pusat antara lain seperti kebijakan fiskal atau keseragaman perpajakan, dan kebijakan yang mengatur makro ekonomi yang memakai berbagai instrumen kebijakan moneter, seperti misalnya devaluasi dan pencetakan uang. 

Demikianlah paparan singkat terkait pengertian, konsep dasar dan ruang lingkup ekonomi publik yang penting buat kamu ketahui. Semoga bisa membantu dan bermanfaat serta menambah wawasan kamu ya. 

Referensi : 
  • https://ekonomipublikblog.wordpress.com/2017/06/28/konsep-ekonomi-menurut-para-ahli/#:~:text=Menurut%20Mangkoesoebroto%20Ekonomi%20publik%20pada,bidang%20fiskal%20terhadap%20suatu%20perekonomian.
  • http://digilib.unila.ac.id/8067/14/13.BAB%202%20.pdf
  • http://parmadi68.staff.unja.ac.id/?p=63#:~:text=Secara%20gamblang%20ekonomi%20publik%20diartikan,disebut%20sebagai%20ilmu%20keuangan%20negara.
  • http://vandyjr.blogspot.com/2014/12/ruang-lingkup-ekonomi-publik.html
Review Pengertian Ekonomi Publik, Konsep Dasar, Ruang Lingkup serta Peran Pemerintah Pengertian Ekonomi Publik, Konsep Dasar, Ruang Lingkup serta Peran Pemerintah Reviewed by on Wednesday, July 08, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.